SABLON KAOS DIGITAL DTG

sablon kaos digital dtg

DTG (Direct T0 Garment) adalah metode sablon gambar langsung ke kain atau garment menggunakan mesin printer yang memang dikhususkan untuk mencetak kaos. Pada dasarnya teknologi printer DTG adalah versi modifikasi dari printer inkjet yang biasa digunakan untuk mencetak ke kertas, Namun tinta printer DTG memakai tinta textile yang memang khusus untuk memproduksi sebuah kaos dan cara kerjanya langsung mencetak pada kain tanpa media lain selayaknya mencetak gambar ke kertas menggunakan printer. Perbedaan mendasar hasil sablon kaos digital DTG dibandingkan dengan sablon kaos manual adalah gambar yang tercetak di kain lebih menyatu karena tinta meresap ke dalam serat kain dan DTG mampu mencetak lebih banyak variasi warna dengan waktu produksi lebih cepat untuk jumlah order yang terbatas atau sedikit

KEUNGGULAN SABLON KAOS DIGITAL DTG

  1. Hasil cetak yang bagus. Hal ini dapat Anda bandingkan sendiri pada kaos yang Anda beli. Hasil cetak dapat merata dan tajam serta mempunyai resolusi tinggi seperti yang sudah disebutkan di atas. Bandingkan dengan hasil sablon manual yang mungkin warna yang dicetak berubah ketika sudah disablonkan pada kaos. Di samping itu, hasil cetaknya halus dan dapat meresap sehingga awet. Kaos pun dapat dicuci berkali-kali tanpa khawatir gambar akan hilang atau luntur.
  2. Sablon kaos digital dtg tidak perlu menggunakan transfer paper seperti pada metode hot press. Transfer paper ini sebenarnya kertas khusus yang digunakan untuk mencetak gambar yang akan dicetakkan pada kaos. Setelah gambar dicetakkan pada transfer paper, gambar akan dipress pada kaos menggunakan hot press. Cara ini kelihatannya mudah tetapi yang jadi masalah adalah harga transfer paper yang cukup mahal sehingga biaya proses produksi pun menjadi mahal. Di samping itu, mesin press kaos harganya juga cukup mahal. Anda pun harus mengeluarkan biaya lebih untuk listrik yang dibutuhkan oleh mesin press kaos. Dengan menggunakan printer DTG, semua biaya itu tentunya dapat dihemat.
  3. Plus minus printer DTG selanjutnya yakni plusnya, yaitu dapat langsung mencetak kaos terutama pada kain cotton 100%. Hasilnya akan sangat bagus jika dibandingkan dengan mencetak sablon manual.
  4. Karena hemat biaya dan waktu, pengusaha kaos dapat menerima order tanpa batasan warna desain. Desain pun juga dapat dilakukan sesuka hati karena printer DTG dioperasikan oleh komputer. Program komputer seperti Corel Draw misalnya dapat digunakan untuk memperlancar proses produksi menggunakan printer DTG.

KELEMAHAN SABLON KAOS DIGITAL DTG

  1. Tidak cocok untuk produksi massal. Perlu Anda ketahui bahwa ada banyak tipe printer DTG. Beberapa di antaranya mempunyai kecepatan yang baik untuk mencetak gambar dalam 1 kaos, tetapi untuk produksi massal tentu saja tidak. Anda justru akan membuang banyak waktu mencetak kaos massal menggunakan printer DTG.
  2. Bahan kain terkadang tidak cocok dengan printer sablon kaos digital DTG. Beberapa kain seperti kain katun cocok untuk mesin printer DTG ini. Tetapi beberapa jenis kain mungkin tidak, tergantung tipe printer DTG itu. Anda harus berhati-hati ketika akan mencetak kaos dengan bahan selain katun pada printer DTG.
  3. Karena sebenarnya merupakan printer modifikasi, printer DTG rawan sekali bermasalah. Tak ada solusi untuk mengatasi ini kecuali Anda benar-benar merawatnya sepenuh hati. Harga yang mahal (asli) belum tentu bebas masalah. Jadi berhati-hatilah ketika membeli printer DTG. Semoga plus minus printer DTG ini bermanfaat untuk Anda.

PROSES SABLON DIGITAL DTG

Dalam proses kerja metode sablon kaos digital DTG dapat dikatakan paling mudah diantara metode lainnya, Selain hanya membutuhkan waktu antara 7 – 10 menit dalam proses pencetakan. Anda hanya tinggal memasang kaos polos kedalam Tray atau bidang area cetak, Lalu setelah gambar design siap untuk dicetak anda hanya melakukan pengoperasian melalui media komputer, Dan setelah proses printing selesai dicetak dapat langsung dipindahkan ke mesin Hot press untuk melakukan pengeringan tinta

LIKE FAN PAGES

ADD LINE ACCOUNT